Kelebihan dan Kekurangan Twitter

Kelebihan dan Kekurangan Twitter - Pengguna Twitter sudah lumayan banyak. Per akhir 2013 lalu pengguna twitter mencapai 241 juta pengguna.

Walaupun jumlah pengguna Twitter masih tertinggal jauh dari Facebook. Namun Twitter tetap menempati peringkat dua media sosial setelah Facebook.

Kelebihan dan Kekurangan Twitter

Twitter berdiri tahun 2006 di San Fransisco, California, Amerika. Twitter tergolong layanan jejaring sosial mikroblog berbasis teks 140 karakter yang disebut tweets.


Sebagaimana media sosial yang lain, Twitter juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Twitter.

Kelebihan Twitter

1. Tampilan minimalis

Tampilan yang minimalis dan fitur yang sederhana menjadi ciri khas Twitter dibandingkan media sosial yang lain. Twitter hanya menyediakan beberapa fitur sederhana untuk berkomunikasi, berbeda dengan Facebook yang menyediakan fitur lebih beragam. Twitter mengutamakan komunikasi yang singkat dan padat daripada media sosial lainnya.

2. Jangkauan sosial lebih luas

Twitter tidak menggunakan sistem pertemanan seperti Facebook, melainkan berdasarkan follower. Sehingga akun selebriti, penyanyi, influencer dan pejabat, bisa mendapatkan pengikut tanpa batasan. Dalam Facebook, selebriti perlu membuat fanpage terlebih dahulu untuk mendapatkan follower.

3. Pendaftaran mudah

Pendaftaran yang sangat mudah membuat Twitter menjadi media sosial nomor dua dunia, tidak lebih tiga menit untuk membuat akun baru di Twitter. Akan tetapi, kemudahan ini seringkali dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab (buzzer) untuk membuat akun bodong yang banyak. 

4. Fitur trending topik

Karakteristik Twitter adalah fitur trending topik. Dengan fitur tersebut, Anda dapat selalu up to date dan mengikuti trend yang sedang ramai dibahas netizen. Fitur trending topik sangat membantu dalam mengikuti perkembangan peristiwa terkini. Bahkan, seringkali konten viral di media sosial lain terlebih dahulu viral di Twitter.

Kekurangan Twitter

1. Penggunaan relatif rumit

Penggunaan Twitter relatif rumit karena terdapat istilah khas Twitter, seperti retweet, favorit dan mention, yang umumnya kurang diketahui kegunaannya oleh pengguna baru. Berbeda dengan media sosial lain yang istilah-istilah yang dipakai cenderung sama, seperti like, komentar, dan bagikan.

2. Tidak ada permainan

Pengguna Twitter dominan yaitu usia remaja hingga dewasa, jarang ditemui anak-anak menggunakan Twitter. Hal tersebut karena dalam Twitter tidak terdapat fitur permainan seperti Facebook. Sehingga Facebook lebih disukai anak-anak daripada Twitter.

3. Banyak akun palsu

Karena pendaftaran akun yang mudah dan memiliki banyak pengguna, Twitter banyak dimanfaatkan membuat akun palsu (buzzer) untuk kepentingan politik.

4. Pesan terbatas

Twitter mengadopsi media sosial dengan bentuk microblogging. Dalam menulis tweet, pengguna hanya dibatasi 140 karakter saja. Sehingga, Twitter kurang sesuai untuk melakukan posting atau menyampaikan pesan dengan teks yang panjang.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan twitter. Semoga bermanfaat

Kelebihan dan Kekurangan Twitter Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief