Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Ketika kita menelusuri sesuatu menggunakan google, ternyata setiap kata kunci yang kita masukan akan tersimpan otomatis di akun google. Kita menyebutnya sebagai riwayat pencarian. Sebenarnya, fungsi dari riwayat pencarian google ini adalah memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian.

jam pasir

Tetapi tidak selamanya riwayat pencarian ini berfungsi sebagaimana mestinya. Bagi orang yang mengetahui mengenai adanya riwayat pencarian google ini, orang lain dapat melihat penelusuran apa yang telah kita lakukan di google. Ketika hal ini terjadi, maka bisa saja Anda dipermalukan teman karena sebelumnya Anda melakukan penelusuran yang berbau porno. Memang tidak semua orang menelusuri hal yang negatif, akan tetapi riwayat pencarian tetap menjadi bagian dari privasi seseorang.

Untuk itu, kita harus menjaga setiap riwayat pencarian dengan menghapusnya sendiri sebelum orang lain melihatnya. Meskipun hal ini tidak ada manfaat yang berarti, tetapi dengan menghapus riwayat pencarian secara berkala, maka hal ini dapat menjauhkan dari sesuatu yang sangat tidak Anda inginkan.

Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan. Jadi, jika riwayat pencarian tidak dihapus, maka bisa jadi banyak terjadi kasus ejek mengejek (dipermalukan) berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan seseorang sebelumnya. Untuk itu, mari kita mulai menghapus riwayat pencarian terutama di akun google Anda.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus riwayat pencarian di akun google Anda.

1. Masuk ke akun google Anda
2. Setelah itu masuklah ke bagian pengaturan akun Anda lewat menu google, atau kunjungi situs berikut, https://myaccount.google.com/
3.  Selanjutnya, klik pada bagian info dan privasi pribadi

riwayat pencarian google

4. Pada bagian sisi kanan, pilih kontrol aktivitas
5. Klik "Kelola Riwayat". Atau sebenarnya jika Anda ingin efektif tanpa melakukan langkah 1-4, silahkan kunjungi https://history.google.com/history
6. Di halaman ini Anda dapat mulai menghapus riwayat pencarian yang ada.

history google

7. Seleksi semua riwayat, kemudian klik hapus di atas halaman.

Itulah langkah-langkahnya, cukup singkat dan membawa banyak manfaat bagi privasi diri kita. Lakukan langkah-langkah seperti diatas untuk melakukan penghapusan riwayat pencarian di google secara berkala. Pada dasarnya, riwayat pencarian hanya akan disimpan oleh google, jika Anda sudah melakukan login pada akun google Anda sebelum melakukan pencarian. Jadi jika Anda tidak mau repot-repot, lebih baik Anda tidak usah login ke akun google Anda.

Tutorial kali ini selesai. Semoga tutorial cara menghapus riwayat pencarian google dapat ini bermanfaat bagi Anda. Ingat, selalu jaga privasi Anda di dunia maya!

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief