Mengenal Situs Berita Milik Google

Mengenal Situs Berita Milik Google - Berita sangat berguna bagi banyak orang karena dapat memberikan informasi tentang peristiwa yang sedang terjadi. Setiap hari setiap orang memerlukan berita. 

google berita

Berita tidak hanya didapat melalui media cetak seperti koran dan majalah, melainkan dengan media elektronik seperti internet, hingga pembicaraan mulut ke mulut. Semuanya memiliki satu tujuan yang sama yaitu menggali informasi suatu peristiwa.

Berita harus bersifat faktual dan aktual. Faktual berarti berita harus bersifat nyata dan ada dalam kehidupan. Sedangkan aktual bermakna berita disajikan selagi masih hangat dan baru.

Penyampaian berita melalui pembicaraan mulut ke mulut, hanya akan diketahui dengan cepat oleh orang-orang terdekat. Sedangkan, orang-orang yang berada jauh akan mendapatkan berita tersebut setelah berhari-hari. Hal tersebut berarti berita tersebut tidak bersifat aktual bagi orang-orang yang berada jauh dari sumber informasi.

Berkat media digital, berita dapat diketahui kapan dan dimana saja. Setiap peristiwa mudah menyebar luas dengan kehadiran internet. Hal tersebut menjadikan media digital sangat aktual dalam menyampaikan informasi.

Berita di internet dapat diperbarui oleh jurnalis secara cepat. Setelah meliput peristiwa, berita akan segera dipublikasikan. Sehingga, dalam media digital antar berita memiliki selang waktu yang singkat, berbeda dengan surat kabar yang terbit harian.

Karena itu, wajar banyak orang yang mulai beralih membaca berita melalui internet daripada surat kabar. Kini mulai banyak portal berita yang ada di internet, misalnya detik.com, kompas.com, viva.co.id, liputan6.com, tempo.co, BBC dan CNN.

Setiap orang ingin mengakses berita yang lengkap dan cepat. Mengandalkan satu portal berita terkadang kurang cukup. Sehingga harus beralih dari satu portal ke portal yang lain. Akan tetapi, melakukan hal tersebut sangat tidak efektif.

Oleh karena itu, diperlukan portal berita yang menyediakan berita lengkap dari berbagai sumber. Portal tersebut adalah Google Berita.

Apa Itu Google Berita

Google Berita adalah salah satu layanan milik Google yang menyediakan berita dari berbagai sumber. Google tidak memiliki jurnalis yang menulis berita, tetapi mengumpulkan berbagai portal berita di internet menjadi satu tempat. 

Dengan Google Berita tidak perlu lagi mencari berita berbagai sumber dengan beralih antar portal satu per satu. Sehingga kehadiran layanan ini penggalian informasi suatu peristiwa menjadi efisien.

Kelebihan Google Berita

Tampilan Simpel dan Fast Loading

Tampilan Google Berita sangat simpel dan fast loading. Sehingga bagi pengguna dengan kecepatan internet lambat masih dapat mengakses google berita.

google berita

Berita Lengkap

Berita yang disajikan Google Berita berasal dari berbagai sumber. Sehingga, apabila mengakses suatu berita, maka secara otomatis akan dialihkan ke situs rujukan. Jadi Google Berita seperti mesin pencari Google, tetapi khusus digunakan mencari berita.

Fitur Lengkap

Terdapat sekitar lima fitur Google Berita. Pertama, fitur untuk mengganti negara asal sumber berita. Kedua, mengganti tampilan menjadi modern dan klasik. Ketiga, personalisasi berita atau pengaturan kategori berita. Keempat, prakiraan cuaca. Kelima, mesin pencari berita.

Cara Mengakses Google Berita

Cara mengakses Google Berita sangat mudah. Anda dapat mengakses melalui news.google.co.id atau lewat menu Google seperti gambar berikut,

google

Kini Anda dapat mengetahui berita secara lengkap dari berbagai sumber!

Semoga bermanfaat

Mengenal Situs Berita Milik Google Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief