6 Istilah - Istilah di Twitter

Twitter merupakan situs social media/jejaring sosial yang kerap diperbincangkan. Walaupun pengguna twitter masih kalah banyak dengan pengguna facebook, namun kehadirannya masih disikapi baik oleh kalangan remaja maupun dewasa.

Bagi pengguna facebook, mungkin akan awam dengan twitter. Karena istilah istilah dalam twitter sangat jauh berbeda dengan facebook.

twitter

Oleh karena itu, saya akan merangkum beberapa istilah istilah yang kerap diucapkan pengguna twitter. Lalu apa saja istilah istilah tersebut. Berikut adalah beberapa istilah yang kerap muncul di twitter :

1. Tweet
Kalau menurut twitter, Tweet memiliki arti kicauan. Namun kita juga bisa menyebutnya status. Perbedaannya terletak pada jumlah kata yang boleh digunakan. Kalau status kita boleh menulis sebanyak banyaknya. Tapi kalau tweet, kita dibatasi hanya dengan kurang lebih 150 karakter saja. Jadi memang sepantasnya pendiri twitter menamakannya kicauan.

2. Retweet (RT)
Kalau di facebook, retweet sama fungsi dengan bagikan/share.Walaupun sama fungsi, tetap saja keduanya mempunyai perbedaan. Retweet memiliki fungsi membagikan ke follower/pengikut kita. Tweet yang telah kita retweet akan muncul di timeline profil kita. Atau retweet juga dapat diartikan membuat tweet dari tweet orang lain. Di twitter tombol retweet berbentuk recycle kotak, tombol retweet muncul di setiap akhir kicauan/tweet.

3. Mention
Mention atau menandai kalau di facebook. Mention memiliki fungsi mengetweet kepada orang yang kita mention. Mention dapat dibuat dengan menambahkan nama pengguna seseorang yang mau kita kirimi tweet. Contoh: @tyas234 Hy gimana kabarnya :)

4. Ava Picture
Ava Picture atau sring disebut ava saja, sebenarnya mempunyai kepanjangan dari avatar. Ava dalam facebook merupakan foto profil. Pengguna twitter dapat mengganti Ava nya dengan mengunggah file dari local storage.

Ketika gambar selesai dunggah, disajikan tool untuk meng-crop foto yang kita unggah. Namun apabila ava di profil kita klik, twitter akan menampilkan foto seutuhnya seperti yang kita unggah tanpa ada yang terpotong seperti saat melakukan peng-cropan.

5. Direct Message (DM)
Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa Direct Message merupakan pesan langsung yang ditujukan kepada antar pengguna twitter tanpa diketahui oleh orang lain. Tidak seperti mention,dimana pengguna lain dapat melihat pesan yang kita tulis kepada orang lain di timeline profil kita.

6. Trending Topics
Trending topik atau topik populer adalah salah satu fitur/menu di twitter yang berisi kata atau kata dengan tanda tagar yang sedang ramai dikicaukan. Trending topics sangat membantu kita untuk mendapatkan berita terbaru dan hangat dikalangan twitter.

6 Istilah - Istilah di Twitter Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief