9 Jenis Situs Web di Internet

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai fungsi-fungsi situs web. Sekarang saya akan membahas jenis jenis situs web. Selain memiliki fungsi, ternyata situs web juga dibagi menjadi beberapa jenis.

Situs web memiliki beberapa jenis situs web, mulai dari sudut pandang edukasi hingga finansial. Mungkin anda pernah mengenal dan menjumpai beberapa jenis situs web berikut.

Berikut merupakan 9 jenis situs web di internet

1. Alat Pemasaran

Sebuah situs yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa layanan suatu perusahaan. Dapat juga berupa company profile. Kini media pemasaran tidak hanya media cetak. Media elektronik sejenis situs juga dapat digunakan sebagai media pemasaran. Pemasaran melalui internet lebih cepat sampai dan memilikijaringan yang jauh lebih luas.

2. Nilai Tambah

Biasanya sebuah halaman web pada awalna disusun sebagai sarana promosi, karena media promosi di web lebih murah dan efektif dibandingkan media promosi konvensionalseperti brosur, majalan atau koran.

Walaupun demikian kebijakan perusahaan seringkali menempatkan web hanya sebagai media promosi pelengkap saja.Sebuah situs web sering dibuat hanya sebagai nilai tambah. Mungkin sebenarnya perusahaan tidak terlalu membutuhkan situs web itu, tetapi menggunakannya hanya sekedaruntuk mengikuti tren sehingga perusahaan tampak lebih modern. 

3. Katalog

Sebuah situs yang digunakan sebagai katalog elektronik yang menampikan produk-produk yang dijual oleh perusahaan. Dengan menggunakan situs web, apalagi uka produk yang tersedia sangat banyak, peng-update-an dapta dilakukan dengan mudah, efisien dan lebih ekonomis.

5. E-Commerce

E-Commerce merupakan suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Di sini perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik. 

6. E-Learning

E-Learning sebagai sembarang penagajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran,interaksi, atau bimbingan. Ada pula yang menafsirkan e-Learning sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui internet.

7. Komunitas

Sebuah situs web yang dibuat dengan tujuan untuk memungkinkan pengunjung berkomunikasi secara bersamaan. Pengunjung bisa berbagi penagalam, cerita, ide dan lainya. Bisajuga mencari dan menambah teman, atau untuk membuat suatu perkumpulan baru

8. Portal

Portal adalah aplikasi berbasis web yang menyediakan akses suatu titik tunggal dari informasi online terdistribusi, seperti dokumen yang didapat melalui pencarian, kanal berita,dan link ke situs khusus. Untuk memudahkan penggunaanya biasanya disediakan fasilitas pencarian dan pengorganisasian informasi.

Ada berbagai jenis portal, yang mendukung beberapa komunitas dan berbagai macam servis. Portal memiliki berbagai macam komponen teknik dan infrastruktur untuk mendukung fungsinya.

9. Personal

Situs personal merupakan situs yang memiiki tujuan untuk mempromosikan atau menginformasikan tentang seseoarang, biasanya berisi tentang biodata, portofolio (kumpulanhasil karya yang pernah dibuat), prestasi, atau sebagai diary yang menceritakan kehidupan sehari-hari yang di-publish agar orang lain dapat mengetahui dan mengenal tentangnya

9 Jenis Situs Web di Internet Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief