Awas Penipuan Berhadiah

Teknologi membawa dampak positif dan negatif ada banyak dampak positif yang dapat kita ambil dengan adanya teknologi. Contohnya handphone memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain secara jarak jauh.

awas penipuan

Internet memungkinkan memberi informasi kepada publik dengan cepat.Tetapi tidak dapat dimungkiri dampak negatif teknologi dapat terjadi. Saat ini sudah banyak penalahgunaan berbagai perangkat teknologi. Misalnya, penipuan

Hampir setiap hari terjadi kasus penipuan. Biasanya penipuan kerap terjadi saat transaksi jual beli online. Tetapi kali ini saya hanya akan mengulas penipuan via short mesagge/sms.

Satu tahun terakhir saya menerima berkali kali penipuan yang dilakukan lewat sms. Isi pesan singkat tersebut biasanya berupa pernyataan bahwa target/korban menerima hadiah atau pemenang undian suatu produk atau jasa yang melibatkan suatu nama perusahaan atau badan usaha.

Dalam isi pesan singkat tersebut, penipu biasanya menambahkan kode pin hadiah yang korban terima. Kemudian bawahnya lagi penipu mencantumkan situs miliknya. Biasanya penipu hanya menggunakan domain gratisan sebagai alamat situsnya. 

Di point ini saya ingatkan bahwa setiap situs perusahaan resmi hanya akan memiliki domain resmi berbayar. Biasanya per:usahaan resmi menamai situsnya sebagai berikut :

"namaperusahaan.com" atau "namaperusahaan.co.id" 
Tetapi penipu menggunakan domain gratisan seperti "namaperusahaan/event.subdomain.com" atau "namaperusahaan/event.heck.in", Yang jelas domain gratisan adalah situs yang akhiranya tidak tercantum dibawah ini:

namasitus.com
namasitus.co.id
namasitus.net
namasitus.org
namasitus.co
id.namasitus.com

Jika anda pernah menerima sms penipuan, mungkin pertama kali anda akan percaya saja. Kemudian setelah anda cek di situs yang tercantum. Desain situsnya pun dibuat semirip mungkin dengan situs perusahaan resminya.

Kemudian anda cek pin yang tertera pada sms. Anda pasti akan menemui kode pin tersebut tertera pada website. Tapi semua itu hanya akal penipu saja. Semua itu palsu. Anda jangan terjebak, kenali ciri-ciri website itu, jika website tersebut sesuai dengan ciri-ciri dibawah maka kemungkinan besar website tersebut digunakan untuk penipuan

Ciri Situs Penipuan Berhadiah

Terdapat Testimoni

Anda perlu curiga apabila situs tersebut terdapat testimoninya. Testimoni tersebut biasa diletakan penipu disamping atau sidebar pada situsnya. Jangan percaya dengan seluruh testimoni tersebut. Karena seluruh testimoni yang ada adalah palsu.

Testimoni tersebut bukan dari orang lain, melainkan hanya penipu sendiri yang membuat testimoni tersebut. Biasanya testimoni akan berisi bujukan agar kita mempercayainya, dan meyakinkan korban bahwa hadiah tesebut bukan penipuan.

Semirip miripnya testimoni tersebut hanyalah penipuan semata. Tetap jangan sekali sekali percaya dengan testimoni tersebut.

Terdapat gambar tokoh penting suatu perusahaan terkait

Gambar yang dipajang disitus tersebut asli, tetapi jika anda lihat nomer telepon yang tertera dibawahnya, itu palsu. Jangan sekali kali menelepon yang tertera tersebut.

Jika anda telepon, telepon tesebut memang aktif. Juga ada yang menjawabnya, tetapi anda akan merasa lebih terbujuk jika anda menelepon tersebut. Sebaiknya anda tidak meneleponnya karena hanya akan menghabiskan pulsa untuk hal yang gak penting.

Terdapat halaman pengesahan

Satu lagi yang biasa terdapat di situs penipuan adalah terdapat halaman pengesahan, halaman pengesahan yang dibuat hanya abal abal. Hanya untuk keperluan meyakinkan korban. Biasanya disitus resmi perusahaan terkait malah tidak ada yang namanya halaman pengesahan.'

Daftar Website Penipu

Setelah penipuan dengan kedok undian berhadiah dari Telkomsel, Indosat, Tri, Sidomuncul dan perusahaan lainnya, komplotan penipu yang sama kembali membuat website/blog tipu-tipu dengan sasaran masyarakat yang bodoh dan tolol yang mudah terbujuk dengan iming-iming hadiah uang, mobil, dan motor.

Kali ini komplotan penipu mencatut perusahaan perbankan nasional, yaitu bank BRI (Bank Rakyat Indonesia). Adapun daftar website/blog tipu-tipu yang dibuat tersebut antara lain :

www.untungbeliung2013.webs.com
www.undian-untungbeliung-bri.webs.com
www.gebyar-bri-2013.webs.com
www.pemenangnasabahbri.blogspot.com
www.untungbeliung-briblogspot.com
www.briuntungbeliung-2013.webs.com
www.briuntungbeliung.webs.com
www.untungbeliung.webs.com
www.briuntung-beliung.webs.com
www.pemenangbri.blogspot.com
www.undianbri2013.co.vu
www.britama-simpedes.com
www.infobankbri.blog.spot.com
www.undianbritama2013.webs.com
www.gebyarbri.blogspot.com
www.pemenang-bankbri.blogspot.com
www.kejutanbankbri.wordpress.com (http://kejutanbankbri.wordpress.com
www.hadiah-bri.blogspot.com (http://hadiah-bri.blogspot.com)

Masih banyak alamat website/blog tipu-tipu berkedok undian berhadiah dari BRI yang dibuat komplotan penipu tersebut yang jumlahnya mencapai ratusan website/blog. Jadi anda jangan terkecoh apabila daftar alamat website/blog tipu-tipu tersebut tidak tertera dalam blog ini.

Intinya cuma ada satu alamat website bank BRI yang resmi, yaitu : www.bri.co.id, selain itu semuanya hanya website/blog tipu-tipu berkedok hadiah. Gunakan selalu akal sehat agar terhindar dari penipuan dan jangan mudah tergiur dengan iming-iming hadiah.

Jika mendapat informasi tentang hadiah, langsung tanyakan ke kantor resmi perusahaan bersangkutan, jangan meminta informasi via telepon.

Dan ini saya sertakan beberapa gambar yang terdapat situs penipuan, jadi kenali dan cermati gambar berikut. Apabila gambar gambar berikut ini terdapat dalam situs tersebut kemungkinan besar situs yang anda kunjungi merupakan situs penipuan.

penipuan bri 

penipuan bri 

penipuan bri 

penipuan bri

Awas Penipuan Berhadiah Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief