Cara Meninggalkan Kebiasaan Bermain Game Online

Cara Meninggalkan Kebiasaan Bermain Game OnlineGame online bukan saja akhir-akhir ini marak di internet. Berbagai genre game mulai dari adventure, action, RPG, simulasi dan sebagainya, mampu mengikat hati para gamers. Apalagi jika game tersebut tergolong adiktif atau mengakibatkan efek kencanduan. Para gamers akan setiap hari bahkan hampir setiap detik mereka habiskan dengan menatap layar monitor gadget mereka. Mereka lupa dengan kehidupan nyatanya, mereka merasa asik berada di dunia maya.

Sebab itu, orang tua yang mempunyai tanggung jawab mendidik anaknya, juga harus berperan dalam membimbing anak-anaknya. Berbagai upaya yang harus dilakukan ortu para candu game online, agar men-stop perilaku bermain game yang dilakukan anaknya selama berjam-jam. Mungkin anda juga termasuk salah satu dari jutaan para gamer di indonesia atau dunia. Anda pasti ingin sekali berhenti dan meninggalkan kebiasaan bermain game online, karena buktinya anda membaca postingan ini.

Ya, bagi anda yang ingin berhenti dari kebiasaan bermain game online, anda tepat sekali mengunjungi post ini. Karena tips-tips dan cara yang akan saya bagikan nanti adalah berdasarkan pengalaman sendiri. Saya dulu juga menjadi pecandu game, tapi saya sekarang sudah gak kenal apa itu game. Barang kali ini membantu para pensiunan gamer untuk meninggalkan kebiasaannya selama ini,

Lalu apa saja sih tips, trik atau cara/kiat ketika saya meninggalkan dari kebiasaan bermain game, berikut tips tersebut. Tips ini hanya saya bagikan bagi para gamer yang benar-benar ingin lepas dari kebiasaan bermain game online. Jadi jika anda tidak ingin berubah buat apa mengunjungi post ini. Berikut tipsnya :

1. Tidak mengisi pulsa/kuota
Tidak mengisi pulsa/kuota

Yah, ini mungkin cara termudah yang pertama. Yaitu tidak mengisi pulsa atau kuota. Jika anda tidak mengsisi kuota atau pulsa secara otomatis anda tidak bisa mengakses internet, apalagi game online. Ya, cara ini sudah saya terapkan dan hasilnya saya bisa meninggalkan game online selama sekitar 7 hari/1 minggu. Karena waktu itu saya sedang melaksanakan ujian semester, jadi ada faktor faktor lain yang membuat cara pertama ini berhasil. Coba anda tidak mengisi pulsa modem, smartphone, atau membeli paket internet ke service provider, kurang lebih paling tidak 1 bulan. Tapi kalo masih berat coba awali mulai dari 1 minggu, kemudian bulan berikutnya 2 minggu. Hingga anda benar benar tidak terlalu membutuhkan sekali pulsa/kuota, karena saya tau anda hanya membutuhkan kuota internet tersebut hanya untuk bermain game. Ya kurang lebih begitulah tips pertama.

2. Bertekad kuat
Bertekad Kuat

Tekad untuk berhenti kebiasaan bermain game online sebenarnya modal utama dan paling dibutuhkan. Dengan bertekad berhenti dari kebiasaan main game online, walaupun anda sudah melakukan cara pertama dan cara yang lain berikutnya. Anda sudah dijamin tidak akan mampu berhenti dari kebiasaan bermain game online. Percaya atau tidak, dengan bertekad kuat kita akan berhenti dari game online. Seperti pengalaman saya, waktu itu saat terima raport saya mendapat rangking kelas yang jauh turun dari biasanya. Biasanya saya menempati urutan 10 besar, tapi waktu itu saya menempati urutan ke 19 dari 30 siswa. Yah sampai rumah, ibu saya langsung marah-marah. Dan itu membuat saya sedih. Dan sejak saat itulah saya mempunyai tekad untuk berhenti dari kebiasaan bermain game online.

3.Menghapus akun game online
Menghapus akun game online

Cara ini bisa dibilang paling ampuh, dan butuh pengorbanan yang luar biasa. Karena akun game online yang kita mainkan tiap jam, dihapus dalam waktu beberapa menit dan beberapa langkah saja. Ini benar membuat kita rugi, tapi kita akan segera tidak memainkan game online berlebihan berjam jam seperti biasanya. Tapi pengalaman saya tidak sampai menghapus akun game online saya, belum pake trik ini saya sudah insaf dari candu game online. Jadi bagi kalian yang sudah ingin banget menjauh dari game online, segera hapus akun game anda!! Saya sarankan anda menghapus game online anda ketika anda kalah dalam bermain game, atau momen paling anda tidak sukai saat bermain game.

4. Sudah Bosan
Sudah Bosan

Cara ini sebenarnya, bisa dibilang bukan cara. Tetapi bisa termasuk juga. Sudah bosan merupakan cara untuk menghilangkan kebiasaan bermain game online dengan sendirinya. Biasanya kebosanan akan timbul jika kita telah menjadi terbaik di game tersebut, atau memperoleh peringkat teratas. Atau juga bisa dibilang "dewa" di sutau permainan. Game non-adiktif (game yang tidak membuat seorang kecanduan) juga dapat dijadikan faktor cara "Sudah Bosan". Tetapi bagi para pecandu game yang sudah terlalu. Akan sulit untuk menemukan kebosanan dalam bermain suatu permainan adiktif. Jadi cara yang satu ini, mungkin hanya bisa diterapkan bagi para candu pemain game saja. Atau bisa juga "sudah bosan" sering ditemui di kebanyakan gamers wanita.

Sekedar tambahan...

5. Banting Laptop
Banting Laptop

Kalo emang cara-cara diatas gak ngaruh buat kalian, coba terapkan cara yang satu ini pasti berhasil. Tetapi inget resiko tanggung sendiri. Ya, membanting laptop merupakan cara paling ampuh diantara cara yang lain.Cara ini hanya disarankan buat kalian yang gak bisa bisa move on dari game online. Dan ini adalah cara dan pilihan terakhir. Tapi buat anda yang maaf kurang ekonominya tetapi suka maen game online jangan sekali-sekali banting laptop kalian. Karena nanti pasti kena marah ortu kalian. Dan jangan terapkan cara ini bagi kalian yang sudah ada pengaruhnya dengan cara cara sebelumnya.
 
Itulah Cara Meninggalkan Kebiasaan Bermain Game Online, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca. Semoga dan saya doain para pembaca yang mau move on dari game online, supaya cepat dapat menerapkannya dan dapat meninggalkan kebiasaan lama. Sekian dari saya dan Sampai jumpa!!!

Cara Meninggalkan Kebiasaan Bermain Game Online Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief