Cara Mengatasi Lampu Indikator Baterai Laptop Acer Berkedip

Cara Mengatasi Lampu Indikator Baterai Laptop Acer Berkedip - Laptop Acer selalu dipertimbangkan sebagian masyarakat Indonesia ketika hendak membeli laptop baru. Acer memang menawarkan laptop mumpuni yang dibekali teknologi terbaru dengan harga terjangkau dikelasnya.

Jadi wajar saja, jika konsumen Indonesia menaruh hati pada laptop produksi Taiwan ini.

Lampu Indikator Baterai Berkedip

Bagian laptop yang sering tidak diperhatikan yaitu lampu indikator baterai. Namun, sadar atau tidak lampu indikator baterai berguna dalam kondisi tertentu. 

Misalnya, ketika melakukan presentasi kemudian terlihat lampu indikator berwarna merah, maka operator dapat menyambungkan laptop dengan adaptor sebelum mati total. Apabila lalai, bukan tidak mungkin jalannya presentasi akan terganggu.

Sering dikeluhkan pengguna laptop Acer, terkadang mendapati lampu indikator baterai berkedip berulang kali tanpa henti. Meskipun terlihat sepele, tetapi masalah tersebut membuat khawatir karena ada kemungkinan terjadi kerusakan pada baterai atau komponen penting laptop.

Jika terjadi kerusakan pada baterai, tentu harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk mengganti baterai baru. Baterai memang termasuk komponen yang bernilai mahal dalam laptop.

Namun, jangan khawatir dulu atau tergesa-gesa membawa ke jasa servis laptop. Karena bisa jadi masalah tersebut dapat diatasi secara mandiri. Sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya servis.

Penyebab Lampu Indikator Baterai Berkedip

Pada dasarnya dalam keadaan laptop Acer normal, lampu indikator baterai akan berwarna oranye dan berkedip tidak terlalu sering ketika daya baterai lemah. Lampu indikator akan berkedip lebih sering dan berulang kali ketika keadaan baterai kritis, daya tersisa sekitar 3 persen.

Akan tetapi, terkadang setelah dicas lampu indikator baterai tidak kunjung berhenti berkedip. Diantara penyebabnya yaitu laptop dicas terlalu lama sehingga sensor baterai perlu dikalibrasi, baterai laptop rusak, laptop dicas bukan dengan adaptor ori, atau masalah komponen motherboard.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Baterai Berkedip

Berikut ini langkah-langkah melakukan power reset untuk mengatasi lampu indikator baterai pada laptop Acer berkedip

1. Lepas adaptor AC atau cas dari laptop
2. Lepas baterai laptop
3. Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik, kemudian lepaskan
4. Pasang kembali baterai
5. Pasang juga adaptor AC
6. Nyalakan kembali laptop Acer

Beberapa seri laptop Acer memiliki tombol power reset sehingga tidak perlu melakukan langkah-langkah diatas. Cukup menekan dengan jarum dan tahan selama 4 detik, kemudian lepaskan. 

Setelah melakukan langkah di atas tetapi lampu indikator masih bermasalah, ada kemungkinan adaptor charger bermasalah, baterai rusak, atau terdapat komponen motherboard rusak. 

Jangan tergesa-gesa untuk mengganti baterai atau komponen laptop yang memerlukan biaya banyak. Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi ke jasa servis, bertanya di forum dan alternatif yang lain, karena barangkali laptop Anda dapat teratasi tanpa mengeluarkan biaya.

Semoga bermanfaat

Cara Mengatasi Lampu Indikator Baterai Laptop Acer Berkedip Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief