Sejarah Browser

Browsing (Surfing) adalah suatu kegiatan menjelajah situs-situs yang terdapat di Internet.  Browsing tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan suatu perangkat lunak yang dikenal dengan web browser. Web browser berfungsi menerjemahkan bahasa HTML menjadi sebuah halaman web.

web browser

HTML (HyperText Markup Language) merupakan bahasa markah yang digunakan untuk membuat dan menampilkan suatu halaman web dalam sebuah browser internet. Web browser tidak muncul begitu saja. Layaknya sebuah negara, Web browser juga memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang.

Web browser atau Browser adalah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk menelusuri, menerima, dan menyajikan informasi yang terdapat di internet. Setiap sumber atau situs informasi, ditandai dengan sebuah URI. URI kependekan dari Uniform Resource Identifier merupakan serangkaian karakter yang digunakan untuk megidentifikasi nama sumber. Bentuk URI paling umum adalah URL (Uniform Resource Locator) atau secara tidak resmi URL sering disebut sebagai alamat web. Diantara situs dan sumber informasi di Internet, terdapat sebuah Hyperlinks untuk memudahkan pengguna menavigasi browser mereka dengan situs terkait.

Meskipun tujuan utama browser untuk menjelajahi Internet, tetapi browser juga dapat digunakan untuk mengakses file dalam sistem berkas. Tidak semua jenis file dapat diakses atau dibuka melalui browser. Hanya beberapa file saja yang dapat diakses, diantaranya video, gambar, musik, dan teks. Apabila browser menemui file yang tidak didukung, maka browser akan menyarankan file tersebut untuk disimpan di disk.

Berikut merupakan 5 browser dengan pangsa pasar yang terbilang besar,

Firefox

Firefox
Pengembang = Mozzila Corporation
Rilis pertama = 9 November 2004
Sistem operasi = Windows, OS X, Linux, dan Android
Mesin = Gecko

Internet Explorer

Internet Explorer
Pengembang = Microsoft
Rilis pertama = 16 Agustus 1995
Sistem operasi = Windows, Mac OS X, Solaris OS. HP-UX
Mesin = Trident, Chakra

Google Chrome

Google Chrome
Pengembang = Google Inc.
Rilis pertama = 2 September 2008
Sitem operasi = Android, iOS, Linux, OS X, Windows
Mesin = Blink, V8

Opera

Opera
Pengembang = Opera Software
Rilis pertama = 1995
Sistem operasi = Widows, OS X, Linux, FreeBSD, iOS, Android, Blackberry
Mesin = Blink, V8

Safari

Safari
Pengembang = Apple Inc.
Rilis pertama = 7 Januari 2003
Sistem oprasi = OS X, iOS
Mesin = WebKit, Nitro

Sejarah Browser

Pada tahun 1990. Web browser pertama kali ditemukan oleh Tim Berners-Lee. Berners-Lee merupakan seorang ilmuwan komputer asal London, England. Ia menjadi direktur yang mengawasi pengembangan web lanjutan di W3C (World Wide Web Consortium). Selain itu, Berners-Lee merupakan pendiri World Wide Web Foundation. Ia menamai browsernya dengan WorldWideWeb dan kemudian diganti nama menjadi Nexus.

Pada tahun 1992. Atas saran Robert Cailliau, 4 mahasiswa asal finlandia di Helsinki University Of Technology : Kym Nyberg, Teemu Rantanen, Kati Suominen dan Kari Sydanmaanlakka, memutuskan untuk membuat sebuah browser. Browser tersebut kemudian diberi nama Erwise. Erwise merupakan web browser yang tersedia dengan graphic user interface pertama kali. Robert Cailliau sendiri merupakan seorang imuwan komputer asal belgia.

Pada tahun 1993, Marc Andreessen menyempurnakan web browser dengan merilis Mosaic. Mosaic menjadi browser yang paling banyak digunakan di dunia pertama kali. Browser tersebut membuat sistem "World Wide Web" mudah untuk digunakan. Mosaic juga menjadikan internet sebagai gaya baru dunia pada tahun 1990-an. Kehadiran Mosaic sangat mempengaruhi kedudukan internet, karena dengan Mosaic pengguna dapat menggunakan internet dengan sangat mudah. Hal itu menyebabkan kata Internet tak asing lagi.Sebagai ketua Tim Mosaic di NCSA (National Center for Supercomputing Applications), Andressen memulai untuk melangkah diperusahaanya sendiri yang bernama Netscape.

Pada tahun 1994, Netscape merilis browser ang boleh dikata terpengaruh oleh Mosaic. Browser tersebut bernama Netscape Navigator. ang mana browser tersebut sangat cepat menjadi browser populer dunia. Pada puncaknya Netscape Navigator terhitung di gunakan oleh 90% dari total pengguna. Sejak saat itu banak pengembang yang memulai mengembangkan web browser.

Pada tahun 1995, Microsoft merilis Internet Explorer sebagai upaya persaingan web browser. Pengaruh Mosaic yang berat juga alasan Microsoft merilis Internet Explorer. Internet Explorer memperoleh dominasi pasar web browser setelah di "bundle" dengan sistem operasi windows. Dengan begitu setiap pengguna yang menginstall sistem operasi windows akan di dapatkan Internet Exporer sebagai bawaan dan browser standar yang selalu di update oleh microsoft. Tidak jauh dari beda dengan Netscape Navigator, pada puncaknya Intenret Exploerer digunakan 95% dari total pengguna.

Pada tahun 1996, Opera mempertunjukan antusiasnya terhadap persaingan pasar browser. Opera tidak mampu menyusul kesuksesan pemasaran Netscape Navigator dan Internet Explorer. Nasib buruk, Opera tidak pernah meraih penyebaran penggunaan yang luas. Berdasarkan Net Applications, Opera hanya digunakan kurang dari 2% dari total pengguna internet pada bulan februari  tahun 2012. Nasib baik, dengan versi Opera-mininya, pada April 2011 Opera mini digunakan oleh 1,1% dari total penggguna browser. Namun terpacu opada cepatnya pertumbuhan pasar browser ponsel. Opera mini telah diunduh lebih dari 40 juta ponsel. Opera mini juga tersedia di beberapa sistem operasi termasuk Nintendo wii, dan Video game konsol.

Pada tahun 2004. Mozila Foundation merilis firefox 1.0 pada akhir tahun. Mozilla Foundation diluncurkan oleh Netscappe pada tahun 1998. Dengan tujuan untuk mencoba membuat browser dengan model Opensource. Pengembangan model open source itu berhasil dengan bukti rilisnya firefox 1.0. Selah beberapa tahun setelah mozilla merilis firefox beberapa versi terbarunya. Pada bulan Agustus 2011, firefox digunakan oleh 28% dari keseluruhan. Itu berarti Mozzila Foundation mampu mengembangkan browser model Open Source yang layak. Namun seiringnya update yang dilakukan Mozzila terhadap Firefox tidak stabil. Sehingga Firefox sering mengalami update yang mana pengguna harus mengunduhnya untuk menikmati versi yang lebih baru.

Pada tahun 2003. Apple merilis Safari yang kita kenal browser standar untuk sistem operasi Macintosh. Namun saat ini Safari sudah dapat di instal di sistem operasi Windows. Apple memiliki dominan ke pengguna sistem operasi berbasis apple. Terhitung Safari hanya mendapati lebih dari 7% dari keseluruhan browser.

Pada tahun 2008. Google merilis browser andalanya yaitu Google Chrome. Meskipun tergolong baru, Google Chrome sudah cukup mendunia dikalangan pengguna komputer dan Internet. Google Chrome mengalami kenaikan jumlah pemakai dari tahun ke tahun . Kenaikan tersebut mencapai 2 kali lipat dari jumlah pemakai Google Chrome di tahun rilis pertama kali. Contoh : Pada tahun 2008 hingga tahun 2009 Google Chrome memiliki berkisar 8%. Pada tahun 2011 Google Chrome memiliki pengguna 2 kali lipat menjadi 16%. Jika dijumlahkan pengguna Google Chrome terlihat lebih banyak dibanding Internet Explorer. Yang mana Internet Explorer mengalami penurunan dari bulan ke bulan. Pada bulan April 2014. Jumlah pengguna Google Chrome mencapai 45% dari total keseluruhan.

Sejarah Browser Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief