Perbedaan KBps dan Kbps

Kecepatan internet sangat penting demi terwujudnya kenyamanan berselancar di internet. Kata "Lola (loading lama)" sering muncul ketika kecepatan internetnya melambat.

Tak sedikit orang terjebak dengan iklan yang ditampilkan oleh beberapa service provider. Terutama dalam hal  kecepatan yang ditawarkan oleh penyedia.

speedometer

Orang terjebak dengan masalah hal yang sepele, yaitu KBps dengan Kbps. Yang mana kedua istilah tersebut merupakan satuan kecepatan akses internet.

KBps kependekan dari Kilo Byte per second. Pada dasarnya satuan ini adalah satuan terkecil nilainya dalam sistem berkas. Dibanding dengan satuan diatasnya, MB, GB dan TB. Karena ketambahan per second, satuan tesebut sudah berubah arti menjadi satuan kecepatan internet.

Kbps kependekan dari Kilo Bit per second. Satuan inilah yang sebenarnya merupakan satuan kecepatan akses internet. Satuan diatasnya adalah, Mbps dan Gbps.

Kebanyakan ISP menawarkan kecepatan akses mereka dengan "up to Kbps/Mbps" sedangkan kecepatan download yang ditampilkan di komputer adalah KBps. Munculah pertanyaan “di Iklan kecepatannya 128 Kbps tapi kok dipakai download cuman 16 KBps?”

Begini penjelasannya, 1 Byte = 8 bit, sehingga kalau pernyataan diatas dilihat bahwa user mendapatkan download rate 16 KBps x 8 = 128 Kbps, adalah benar, bahwa dari pihak provider memberikan kapasitas bandwidth 128Kbps atau 16 KBps.

Sebagai contoh lain dengan standar perhitungan 1 Byte = 8 bit, maka :
256 Kbps sama dengan 256/8 = 32 KBps
1 Mbps sama dengan 1000/8 = 125 KBps
3,1 Mbps =  387,5 KBps
7,2 Mbps = 900 KBps
14,7 Mbps = 1837,5 Kbps/1,8375 MB

Perbedaan KBps dan Kbps Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief