Pengalaman Menggunakan Andromax M2Y

Akhir-akhir ini lagi pada heboh mobile wifi atau MiFi keluaran smartfren dengan ketiga serinya yaitu, M2Y, M2P dan satunya lagi yang terbaru M2. Kehadiran MiFi ini sangat diminati konsumen indonesia. Apalagi kiat smartfren yang mengadakan beberapa promo menjadikan konsumen terpikat untuk  membeli perangkat kecil ini.

andromax m2y

Sebelum bercerita pengalaman saya menggunakan MiFi Andromax seri M2Y. Ada baiknya anda mengetahui spesifikasi dari ketiga perangkat tersebut.

Pertama, Andromax M2P dan M2Y. Kedua perangkat ini memiliki spesifikasi yang sama. Hanya saja bentuknya dan tampilan indikator yang berbeda. M2P berbentuk kotak persegi panjang. Sedangkan M2Y cenderung berbentuk seperti jam tangan atau stopwatch digital. Keduanya memiliki spesifikasi sebagai berikut:
- Mobile Wi-Fi LTE cat4
- Mendukung WiFi 2.4 Ghz
- User Friendly UI apps (Android & iOS)
- Mendukung sampai dengan 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
- Baterai 2000mAh (Maksimum 10 jam waktu kerja LTE dan 350 jam waktu siaga)
- Fungsi Wireless storage, berbagi file melalui koneksi Wi-Fi
- MicroSD slot, support up to 32GB
- Mendukung MyLink (mobile wifi app)

 Untuk bentuknya seperti gambar dibawah ini,

andromax m2y 

Kedua, Andromax M2S. Perbedaan dengan seri sebelumnya terdapat pada maksimum koneksi pengguna dan ada tidaknya chipset yang dipasang di MiFi. Lebih lengkapnya spesifikasinya seperti berikut:
- Mobile Wi-Fi LTE cat4
- Chipset Qualcomm MDM 9320
- Mendukung WiFi 2.4 Ghz
- Mendukung sampai dengan 15 koneksi pengguna secara bersamaan
- Baterai 2000 mAh
- Mendukung MyLink M2S (mobile wifi app) untung penyetelan yang lebih ringkas

Untuk bentuknya seperti gambar dibawah ini,

andromax m2s 

Itu dia spesifikasinya, lanjut ke pengalaman saya. Pengalaman ini berdasarkan pemakaian perangkat Andromax M2Y, untuk lainya mungkin tidak akan berbeda jauh.

Saya mendapatkan MiFi M2Y melalui sebuah promo yang digelar smartfren dengan ketentuan isi ulang minimal 100 ribu di galeri smartfren terdekat. Setiap pembelian perangkat, akan mendapatkan bonus data 4.5 GB terdiri dari 1.5 GB untuk kuota utama dan 3 GB untuk internet malam. Jika anda baru pertama kali menggunakan jaringan 4G bisa saja bonus tersebut habis dalam 1 hari.

Untuk masalah kecepatan akses telah saya coba dan hasilnya lumayan kencang. Berikut screenshot-nya,

speedtest

Gambar saya peroleh dengan mengetes kecepatan pada tanggal 1 Januari 2016

Jadi sudah terbukti untuk masalah kecepatan tidak diragukan lagi. Anda hanya perlu membeli volume data yang banyak untuk merasakan jaringan 4G, karena seperti yang saya katakan sebelumnya 4G cenderung membuat anda boros kuota.

Perlu diketahui bahwa ketiga perangkat MiFi, Andromax M2S, M2P dan M2Y hanya mendukung di jaringan 4G saja. Jadi sedikit tips dari saya, sebelum anda membeli silahkan untuk mengecek terlebih dahulu, apakah wilayah anda sudah tercover oleh jaringan 4G smartfren? Caranya anda hanya perlu mengunjungi http://www.smartfren.com/4g/web/coverage .

Sejauh ini saya merasakan kesan positif kepada MiFi smartfren. Jadi bagi anda yang ingin membeli tidak diragukan lagi karena menurut saya pribadi, MiFi ini bermanfaat sekali saat anda membutuhkan koneksi yang kencang.

Oh ya, tips lagi dari saya, kalau anda hendak mendownload file-file sebaiknya anda menggunakan paket internet malam. Kemudian untuk kuota utama sebaiknya anda gunakan hanya untuk browsing saja. Beberapa manfaat lain adalah anda bisa membawa MiFi dimana saja karena ukurannya yang muat disaku.

Pengalaman Menggunakan Andromax M2Y Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief