20 Peringkat Situs Teratas Versi Alexa

Ilustrasi Peringkat Teratas
20 Peringkat Situs Teratas Versi Alexa - Seperti yang kita tahu, alexa merupakan sub situs dari perusahaan amazon.com yang menyediakan data-data mengenai traffic suatu situs. Berdasarkan informasi yang ada di wikipedia, lebih dari 30 juta situs terdaftar dalam alexa. Alexa menyediakan informasi-informasi mengenai peringkat situs, grafik traffik, kata kunci dan lain-lain.

Traffic menjadi suatu penanda situs, bahwa suatu situs tersebut banyak dikunjungi atau tidak. Data-data mengenai traffik yang masuk dalam suatu situs, sangat berguna bagi pemiliknya. Karena pemilik situs dapat mengetahui seberapa besar kemajuan atau perkembangan situsnya. Sehingga apabila memang traffiknya masih rendah, berarti harus ada perubahan atau peningkatan dalam situs miliknya.

Sebelumnya saya katakan, bahwa alexa menyediakan informasi salah satunya peringkat situs. Peringkat situs disini didasarkan pada seberapa besar traffik atau jumlah pengunjung yang mengakses suatu situs. Mungkin Anda penasaran, sebenarnya situs mana yang memiliki traffik atau pengunjung terbanyak. Untuk itu, saya akan menghadirkannya untuk Anda.

Berikut ini 20 peringkat situs teratas yang memiliki traffik atau pengunjung yang sangat banyak :

1. Google.com

Google 

Google.com menempati di peringkat pertama dengan jumlah pengunjung terbanyak. Google.com adalah situs mesin penelusuran (search engine) yang saat ini paling banyak digunakan. Situs ini dikelola oleh Google Inc. Berdasarkan comscore.com google memiliki lebih dari 1 milliar pengunjung unik pada tahun 2011.

2. Facebook.com

Facebook 

Facebook.com menempati di peringkat 2. Facebook.com merupakan situs jejaring sosial media dengan pengunjung terbanyak di banding sosial media lainya. Tidak hanya pengunjung saja, tetapi facebook juga memiliki banyak pengguna dibanding dengan sosial media lainya. Situs ini didirikan pada 4 februari 2004. Diketahui, facebook memiliki pengguna aktif bulanan mencapai 1.3 milyar.

3. Youtube.com

Youtube

Youtube.com merupakan situs penyedia konten video terbesar dibawah google. Ada jutaan video ada di youtube. Situs ini memungkinkan setiap pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Situs ini didirikan pada 14 februari 2005 oleh tiga orang mantan karyawan Paypal.

4. Baidu.com

Baidu 

Baidu.com merupakan situs mesin pencari mirip google tetapi berbahasa cina. Baidu sendiri merupakan sebuah nama perusahaan yang didirikan pada tahun 18 Januari 2000 oleh Robin Li. Saat ini baidu memiliki kantor pusat di Beijing, China. Baidu menjadi mesin pencari nomor 1 di china, mengalahkan google. Lebih dari 100 juta pengguna mengunjungi baidu.com setiap harinya. 

5. Yahoo.com

Yahoo 

Yahoo.com merupakan situs portal web dan menyediakan layanan internet lain seperti mesin pencari, email, berita dan grup. Yahoo merupakan salah satu web terbesar di Amerika Serikat, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs yahoo setiap bulannya. Yahoo didirikan oleh David Filo dan Jerry Yang pada  1 maret 1995. Saat ini berkantor pusta di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.

6. Amazon.com

Amazon 

Amazon.com adalah situs toko online terbesar di dunia yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon didirikan pada bulan Juli 1994 oleh Jeff Bezos. Setiap harinya jumlah pengunjung amazon.com dapat mencapai 19.5 juta. Bahkan amazon.com mampu menjual sekitar 300 barang setiap detiknya.

7. Wikipedia.org

Wikipedia 

Wikipedia.org merupakan situs ensiklopedia bebas yang  menyajikan informasi-informasi atau artikel berbagai pengetahuan. Artikel yang terdapat di wikipedia berasal dari sukarelawan. Jadi siapa saja dapat berkontribusi dalam penyajian informasi dalam wikipedia. Wikipedia didirikan oleh Jimmi Walles dan Larry Sanger pada 15 Januari 2001. Wikipedia versi Indonesia baru muncul pada tahun 2003. Wikipedia mempunyai sekitar 377 ribu artikel.

8. Twitter.com

Twitter 

Twitter.com merupakan sebuah layanan jejaring sosial berbasis microblogging yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan sepanjang 140 karakter, atau lebih dikenal dengan tweet (kicauan). Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada 21 Maret 2006. Twitter memiliki kantor pusat di San Fransisco, California, Amerika. Hampir sekitar 750 tweet dikirimkan di twitter setiap detiknya. 

9. Live.com

Live

Live.com merupakan situs layanan email milik microsoft. Live.com memiliki tampilan dan layanan yang tidak beda jauh seperti gmail dan yahoo mail.

10. Taobao.com

Taobao

Taobao.com merupakan situs belanja online yang berbahasa mandarin (cina). Mempunyai fungsi dan layanan mirip amazon.com atau ebay dan toko online lainya. Taobao.com didirikan oleh Alibaba Group pada Mei 2003. Penjual dapat memposting barang baru maupun bekas untuk dijual dengan normal atau sistem lelang. 

11. Msn.com

Msn

Msn.com merupakan layanan situs web portal yang dimiliki oleh microsoft. Msn diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995. Bagian-bagian dari Msn adalah skype, hotmail, outlook, bing dan berita-berita terbaru. Msn tersedia dalam semua bahasa di dunia.

12. Linkedin.com

Linkedin

Linkedin.com merupakan situs web jejaring sosial yang berorientasi bisnis, terutama untuk digunakan jaringan proffesional. Linkedin diluncurkan pada 5 Mei 2003. Pendirinya adalah Reid Hoffman, Allen Blue, Konstantin Guericke, Eric Ly, Jean-Luc Vaillant. Linkedin memiliki kantor pusat di Mountain View, California. 

13. Weibo.com

Weibo 

Weibo.com merupakan sebuah situs microblogging cina. Weibo merupakan salah satu situs populer di tiongkok, digunakan lebih dari 30% pengguna internet. Situs ini diluncurkan oleh SINA Corporation di bulan Agustus 2009. Di Agustus 2011 diketahui Weibo memiliki lebih dari 200 juta pengguna terdaftar.

14. Bing.com

Bing

Bing.com merupakan situs mesin pencari dari microsoft. Bing merupakan bentuk pembaruan dari mesin pencari sebelumnya dari microsoft, yaitu Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Bing diperkenalkan pada 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer. Bing tersedia di lebih dari 40 bahasa.

15. Instagram.com

Instagram

Instagram.com sebenarnya merupakan sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi foto. Tapi kenapa instagram termasuk peringkat teratas pada situs? padahal kan instagram itu adalah aplikasi? jadi begini, jadi foto maupun video yang ada di aplikasi instagram sebenarnya adalah berasal dari server instagram.com. jadi ketika banyak lalu lintas terjadi di server instagram. maka peringkat akan semakin naik karena lalu lintas tersebut dapat kita misalkan sebagai pengunjung situs.

16. Ebay.com

Ebay

Ebay.com merupakan situs lelang yang memungkinkan orang-orang di seluruh dunia melakukan penjualan dan pembelian dalam berbagai bentuk barang atau jasa. Ebay didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995. Ebay berkantor pusat di San Jose, California. Ebay berasal dari kata Echo Bay, yaitu nama perusahaan dari pemilik situs ini.

17. Mail.ru

Mail.ru 

Mail.ru merupakan situs layanan email berbahasa rusia. Mail.ru merupakan situs nomor satu di russia yang paling sering dikunjungi. Mail.ru dikunjungi oleh 86% pengguna interent di russia setiap bulannya. Mail.ru didirikan pada tahun 1998. Mail.ru berkantor pusat di mosscow, russia.

18. Pinterest.com

Pinterest

Pinterest.com merupakan virtual pinboard dimana pengguna dapat mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukan kedalam kategori-kategori yang bisa diganti namanya. juga dapat meng re-pin dari akun lain. Pinterest didirikan oleh Ben Silbermann. Pinterest berdiri pada akhir tahun 2009.

19. Netflix.com

Netflix

Netflix.com merupakan situs layanan penyedia streaming film dan tv series. Di tahun 2016, netflix sudah memiliki jumlah pelanggan mencapai 75 juta. Netflix didirikan oleh Reed Hastings dan Marc Randolph pada 29 Agustus 1997. Pada awalnya netflix hanya melayani dvd lewat surat di amerika saja, kemudian memulai melayani lewat streaming pada tahun 2007.

20. Microsoft.com

Microsoft
Microsoft.com merupakan situs web dari sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Whasington, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. 

Itulah 20 Peringkat Situs Teratas Versi Alexa, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Sekian dan terima kasih.

20 Peringkat Situs Teratas Versi Alexa Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief