Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

Sudah menjadi kebutuhan manusia untuk bepergian dengan berbagai tujuan. Entah itu untuk mengunjungi teman, berbelanja, bekerja, sekolah dan lain-lain. Semua itu sangat erat kaitanya dengan lokasi. Di zaman yang serba teknologi ini, suatu lokasi dapat kita cari menggunakan perangkat yang kita miliki, khususnya yang memiliki fitur internet.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

Salah satu layanan map paling populer adalah Google Map. Google map menjadi layanan yang populer dan banyak digunakan orang, karena google map sendiri merupakan layanan yang dimiliki oleh  raksasa mesin pencari, Google. Sehingga wajar jika google map memiliki banyak pengguna.

Selain itu google map juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan lokasi baru. Sehingga banyak lokasi di sekitar kita dapat ditemukan di google map. Meskipun banyak lokasi yang sudah terdapat di google map, tetapi masih ada beberapa lokasi yang belum ditambahkan. Untuk itu tambahkan lokasi di sekitar anda, agar google maps semakin lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi suatu lokasi di sekitar anda.

Google map ialah suatu pemetaan yang di ciptakan oleh perusahaan Google yang disebut juga peta online atau peta digital. Peta online ini bisa kita akses dengan perangkat komputer atau pun dengan ponsel yang mendukung atau memiliki aplikasi Google map. Untuk lebih jelasnya tentang fitur Google map, akses url berikut ini https://maps.google.com/ dan kendalikan dengan menggunakan mouse pointer.

Untuk zoom in atau zoom out gunakan scroll. Nanti anda akan mengetahui dimana saja lokasi yang anda kenal dan yang pernah kita kunjungi serta akses jalan negara, jalan propinsi, jalan kabupaten atau pun jalan kecamatan. Untuk mencari lokasi atau wilayah tempat tinggal kita, silahkan ketik nama kabupaten di kotak pencarian sebelah kiri atas monitor.

Sedang kan untuk melihat peta dengan gambar nyata di Google map, klik kotak di pojok kiri bawah yang tertulis Satelit. Dengan melihat map atau peta versi satelit kita akan lebih mudah lagi mencari dan mengenali lokasi tempat tinggal kita.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

Berikut merupakan cara menambahkan lokasi di google maps,

Pertama, buka situs google map versi indonesia dengan mengunjungi di http://map.google.co.id atau di http://www.google.co.id/maps. Kemudian cari lokasi yang ingin anda tambahkan, gunakan GPS yang tersedia di handphone atau perangkat lainya untuk lokasi yang akurat.

Kedua, klik kirim masukan di pojok kanan bawah dengan navigasi google map atau tombol zoom in dan zoom out. Maka akan ditampilkan menu seperti gambar dibawah ini. Silahkan pilih menu Tambahkan.

kirim masukan google map

ketiga, isi semua data-data mengenai lokasi yang ingin anda tambahkan (data yang diminta berbeda setiap kategori lokasi yang ingin ditambahkan), usahakan mengisi dengan jelas lokasi yang ingin anda tambahkan. Perlu diketahui bahwa anda hanya dapat menambakan lokasi atau bangunan publik saja dengan kategori yang tersedia di google map.

keempat, setelah anda mengisi semua data yang diminta silahkan klik tombol submit atau kirim. Jika anda mendapatkan pesan terimakasih bearti anda telah berhasil menambahkan lokasi di google map. Lokasi yang anda tambahkan akan muncul di google map setelah anda mendapat konfirmasi dari google map.

berhasil menambahkan lokasi

Itulah sedikit cara atau tutorial mengenai bagaimana cara menambahkan lokasi di google maps, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Semoga anda selalu menyempurnakan lokasi-lokasi di google map, agar orang lain dapat terbantu untuk mencari tempat di sekitar anda. Sekian dan terima kasih.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief