10 Cara Rahasia Menggunakan Pencarian Google

Semua pasti udah tahu yang namanya Google. Kita sering menggunakan google sebagai mesin pencari utama atau andalan kita dari pada yang lain. Entah apa faktornya, tetapi yang jelas google sudah kita kenal.

Ketika kita mencari sesuatu artikel, informasi, musik, atau entah apalah, mungkin kita hanya mengetik di kotak pencarian terus ketik apa yang mau kita cari. Tetapi, ada beberapa cara unik yang dapat kita pakai untuk menelusuri sesuatu di google.

google

Ternyata, google mempunyai beberapa rahasia yang bisa anda gunakan untuk mempermudah penelusuran sesuatu di Internet. Apa saja? Selengkapnya simak uraian berikut ini

Pencarian frase pasti

Untuk mencari website atau weblog yang mengandung frase tertentu secara pasti. Misal Anda ketikkan "Pengertian Psikologis" dengan tanda kutip di frase tersebut maka Google akan menampilkan website atau blog yang mengandung frase kata Pengertian Psikologis dengan dua kata tersebut tidak terpisah tetap menjadi satu frase Pengertian Psikologis.

Pencarian 2 kata atau lebih

Untuk mencari website atau weblog yang mengandung dua atau lebih kata tertentu. Misal Anda ketikkan Tutorial Hijab pada kotak pencarian maka Google akan menampilkan website atau blog yang mengandung 2 unsur kata tersebut yaitu kata Tutorial dan Hijab.

Penggunaan 'OR'

Untuk mencari website atau blog yang mengandung dua kata, minimal salah satu kata tersebut ada dalam blog. Misal Anda ketikan minuman OR makanan dengan menambahkan 'OR' diantara dua kata tersebut, maka Google menampilkan website atau blog yang memiliki minimal salah satu kata dari kata kunci yang kita ketikan/cari.

Penggunaan site

Untuk mencari halaman/pages yang ada pada website atau weblog tertentu, formatnya site:url misalnya Anda ketikkan site:belajarinternet-hm.blogspot.com pada Google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang ada pada belajarinternet-hm.blogspot.com, bukan pada situs lainnya.

Penggunaan tanda - (strip)

Untuk mencari situs dengan menggunakan frase tertentu dimana satu kata sebagai filter untuk tidak menampilkan situs dalam penelusuran yang mengandung kata tersebut. Misal Anda ketikkan smartphone -asus dengan menambahkan tanda – pada awal kata kedua tersebut pada Google, maka search engine akan menampilkan situs yang mengandung kata smartphone namun tidak mengandung unsur kata asus.

Intitle:

Untuk menampilkan halaman website atau weblog dengan judul tertentu saja, formatnya intitle:kata kunci misalnya Anda ketikkan intitle:Cara Mengunci Folder Tanpa Software, maka search engine akan menampilkan judul yang mengandung unsur kata Cara Mengunci Folder Tanpa Software.

Cari website sama

Untuk mencari website lainnya yang isinya mempunyai kesamaan juga, formatnya related:domain misalnya Anda ketikkan related:kompas.com pada Google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mempunyai kesamaan dengan kompas.com

Mencari Definisi

Untuk mengetahui arti definisi dari sebuah kata atau frase tertentu, formatnya define:frase misalnya Anda ketikkan define:browser pada Google maka search engine akan menampilkan definisi browser.

Mencari ebook

Untuk mencari e-book yang berformat pdf Formatnya filetype:pdf (spasi)namanya misalnya Anda ketikkan filetype:pdf Belajar Internet Marketing maka search engine akan menampilkan dokumen berformat pdf yang mengandung unsur kata Belajar Internet Marketing. Setelah itu Anda bisa memilihnya untuk langsung mendownloadnya.

Mengetahui jumlah backlink

Untuk mencari halaman dari website atau weblog yang diperhitungkan sebagai backlink Google, formatnya link:domain misalnya Anda ketikkan link:kompas.com pada Google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mempunyai tautan atau link dengan kompas.com serta diperhitungkan sebagai backlink Google. Metode ini bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah backlink Google yang kita punyai.

10 Cara Rahasia Menggunakan Pencarian Google Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief