Kumpulan Platform Untuk Blogging Terbaik

Para pembaca postingan ini pastinya adalah seorang blogger. Entah itu masih pemula atau sudah senior. Kita mengenal blogger, wordpress. Semua itu dinamakan platform. Yaitu sebuah layanan berbentuk situs yang menyediakan situs lagi dinamakan blog.

Mungkin saat ini Anda hanya tahu satu dua platform blog yang ada di internet. Akan tetapi sebenarnya ada banyak situs atau platform yang menyediakan layanan untuk membuat blog.

platform blog

Anda mungkin bertanya, Platform itu bukan-nya lebih mendekati perangkat lunak ya? Ya, memang benar. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca kutipan pengertian platform berikut ini. Platform dalam ilmu Komputer adalah kombinasi antara sebuah arsitektur hardware dengan software atau aplikasi.

Itulah makna platform sebenarnya. Tetapi dalam dunia blogging platform lebih kearah suatu layanan yang menyediakan akses untuk kegiatan blogging itu sendiri. 


Saya rasa untuk pengertian, tidak terlalu dipermasalahkan. Jadi lebih baik anda mengetahui lebih banyak plartform untuk blogging nya saja. Oleh karena itu kali ini saya akan berbagi kepada kalian mengenai daftar platform terbaik gratis maupun berbayar.

Berikut daftar platform untuk blogging terbaik

1. Wordpress

dashboard wordpress

Wordpress banyak digunakan oleh developer, webmaster, programmer dan lain-lain. Jika seseorang memiliki pengetahuan tentang HTML, bahasa PHP, Javascript, CSS, dan sebagainya, maka WordPress menjadi platform blogging terbaik untuk membuat blog. Bahkan, Wordpress sangat populer bagi kalangan blogger.

2. Blogger

Dashboard Blogger

Blogger.com adalah platform blogging serbaguna yang dimiliki oleh Google. Blogger banyak dipilih bagi para pecinta SEO dan para publisher untuk mencari uang karena terdapat salah satu fitur untuk memonetize dengan cara mendaftar di Google Adsense. Blogger juga telah dilengkapi fitur-fitur yang lengkap sehingga lebih mudah mendapatkan SERP yang baik di google.

 3. Joomla

Dashboard Joomla

Joomla adalah CMS untuk penciptaan konten online dan penerbitan. Joomla adalah pemenang penghargaan free CMS yang digunakan oleh pengembang dan blogger ahli untuk publikasi konten online yang canggih. Joomla menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memulai untuk situs blog gratis.

4.  Tumblr

Dashboard Tumblr

Tumblr merupakan mikro blogging platform termudah. Hanya butuh waktu singkat dalam pembuatannya. Tumblr menjadi platform yang mempunyai halaman timeline mirip twitter, memungkinkan memfollow akun blog lain agar postingannya bisa tampil di timeline Anda.

5. Drupal

Dashboard Drupal

Drupal dirilis pada tahun 2001 dan sejak itu drupal sangat populer di kalangan blogger dan pengembang karena fitur CMS yang sangat mengesankan. Drupal adalah open source CMS bahasa PHP. Anda benar-benar bebas untuk menggunakan dan mengembangkannya.

Kumpulan Platform Untuk Blogging Terbaik Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief