Asal Mula Kata Google dan Sejarahnya

Masih banyak orang belum mengetahui asal mula kata "Google". Bagaimana sejarahnya hingga akhirnya kata Google dipilih oleh pendirinya? Mengapa tidak menggunakan kata yang lain?

tampilan google lama

Setiap pendiri perusahaan bebas menentukan nama perusahannya. Jadi Larry dan Sergey mempunyai kebebasan dalam menentukan nama situs yang dibuatnya. Ternyata kata Google hanya merupakan sebuah plesetan.

Sejarah Google

Pendiri Google adalah Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya merupakan satu angkatan ketika menempuh pendidikan di University of Stanford. Mereka memiliki keinginan yang sama untuk menyelesaikan tantangan besar pada waktu itu.

Awal tahun 1996,  Larry dan Sergey memulai menjawab tantangan dengan membuat search engine yang diberi nama Backrub. Saat itu mereka masih belum menyelesaikan kuliahnya. Jadi kabar tentang adanya search engine baru Backrub mudah menyebar ke semua mahasiswa di kampus.

Awal tahun 1998, Keduanya terus memperbaiki dan menyempurnakan setiap bug-bug yang ada pada teknologi Google. Mereka mulai mencari-cari investor yang akan menanam modal di perusahaan Google kelak.

Pada akhirnya mereka menerima dana dari Andi Bectholseim, pendiri Sun Microsystem. Kemudian mereka diberi cek senilai seratus ribu dollar AS. Setelah mendapatkan satu investor, Larry dan Sergey kembali bekerja keras untuk mendapatkan investor lain. Kali ini usahanya tidak sia-sia, mereka berhasil mengumpulkan sebanyak satu juta dollar AS.

Kemudian pada 7 September 1998, Google Inc. dibuka resmi di Menlo Park, California.

Asal Mula Kata Google

logo google lama

Kata google ternyata berasal dari kata "Googol" yang diplesetkan. Jika Anda menggunakan Google, maka dibagian bawah halaman hasil pencarian pasti terdapat kata Google dengan jumlah huruf  "O" sesuai jumlah halaman (biasanya 10)

Kata Googol itu sendiri adalah bilangan yang mempunyai persamaan satu googol sama dengan bilangan digit 1 diikuti seratus angka nol, seperti beikut:

(1000000000... dan seterusnya hingga jumlah angka 0 mencapai 100)

Angka tersebut sangat menakjubkan. Belum ada obyek atau benda yang berjumlah sekian banyaknya. Bakteri pun belum tentu dapat berjumlah satu googol.  Istilah ini  diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS

Karena itu, perusahaan google terinspirasi dari kata googol, yaitu untuk mengelola suatu informasi yang sangat luas dan tak terbatas.

Asal Mula Kata Google dan Sejarahnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief