Daftar Produk Google

Daftar Produk Google - Sudah kita ketahui jika google adalah salah satu perusahaan yang selalu memiliki inovasi-inovasi modern.


google play 

Uniknya, setiap inovasi google tersebut selalu saja mendapat tanggapan positif dari penggunanya. Mungkin ini karena Google sudah diketahui oleh banyak orang di dunia.

Sejak tahun 1998, Google sangat berkembang pesat. Produk yang tercipta pertama kali dari Google Inc. adalah mesin pencari. Kemudian muncul produk baru lagi, muncul lagi dan seterusnya. Hingga kalau dihitung jumlah produknya sudah mencapai puluhan, tetapi jika layananya sudah mencapai ratusan.

Untuk lebih lengkap mengenai produk-produk google, berikut ini saya buat daftar produk Google. Apa aja sih yang dibuat google hinga saat ini?

1. Google Search
Produk pertama kali yang dibuat google yaitu pada tahun 1998, merupakan mesin pencari terbesar dengan miliaran database hingga saat ini.

2. Google Translate
Menjadi produk translator paling terkenal, dengan terjemahan ke lebih dari 50 bahasa yang ada didunia. Google translate terus mengembangkan dan memperbaiki hasil terjemahannya untuk kedepannya yang lebih baik lagi.

3. Google Trend
Sedikit asing di telinga kita, tetapi bagi pemilik blog tidak lagi. Google trends berguna untuk mengetahui penelusuran terbanyak di google yang sedang terjadi di suatu negara secara up to date. Google trend dapat diakses di www.google.com/trends

4. Google News
News dalam bahasa indonesia artinya berita. Google news sangat bermanfaat untuk mencari berita-berita dan informasi terkini. Pokonya google news tidak beda jauh dari situs berita lainya. Contohnya detikcom

5. RSS Feed
Siapa sangka, ternyata rss feed reader ini dibuat oleh google. Saya juga baru tahu belum lama ini. Rss feed digunakan untuk membaca sebuah postingan blog yang telah di subscribe. Biasanya para blogger menyediakan kotak untuk berlangganan blognya di rss feed. Kita hanya diminta memasukan alaman email.

6. Google Images
Saat ini mungkin anda tidak akan melihat perbedaan antara google images dengan google search. Karena google search saat ini sudah mencakup pencarian images. Tetapi tetap saja ini merupakan beda layanan (produk) karena ini merupakan sebuah pengembangan dari Google search.

7. Gmail
Fitur yang saya sendiri menilai dengan rating 10/10 alias perfect. Kecepatan load situs lebih cepat dibanding Yahoo mail. Selain itu gmail juga dapat menerima email lebih cepat ketimbang yahoo mail. Entah apa yang mempengaruhinya, tetapi saya sudah merasakan perbedaannya sendiri.

8. Google Docs
Google docs merupakan sejenis microsoft word, excel, dan power point online. Karena produk dengan alamat situs www.google.com/docs. Fungsinya juga sama yaitu untuk mengedit dokumen, perbedaanya hanya pada offline dan onlinenya.

9. Google Chrome
Google chrome adalah browser yang menduduki peringkat pasar browser urutan pertama dengan ratusan juta unduhan. Tampilan yang minimalis, dan update browser yang cenderung stabil membuat google chrome tampil lebih unggul dibanding browser lainya.

10. Google Custom Search
Custom search banyak digunakan oleh para pengembang web untuk sebagai sub search engine google. Jadi google CS ini lebih mirip miniaturnya google search. Google CS hanya menelusuri artikel di suatu blog yang terpasang CS tersebut.

11. Google Calendar
Tidak banyak manfaat yang diambil dari produk yang satu ini, menurut saya. Tetapi jika pendapat anda lain silahkan saja. Google calendar hanya sebuah kalendar yang dibuat oleh google, sebenarnya tidak ada istimewanya sama sekali.

12. Google Analytics
Produk ini hanya dapat digunakan oleh para pengambang web, karena konten produk ini adalah berisi tentang analisis dan pengamatan terhadap blog kita. Seperti pengamatan sumber trafik yang datang pada blog kita.

13. Blogger
Fitur paling dan paling yang ada di google. Bahkan saya saat ini termasuk memanfaatkan produk google. Anda juga sedang menggunakanya. Blogger merupakan wadah bagi semua orang yang ingin saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan lainya.

13. Picasa
Picasa berfungsi sebaga photo sharing, dan dasar editing gambar. Jadi fitur-fitur yang terdapat pada picasa tidak secanggih dan modern seperti  corel draw dan photoshop.

14. Google Search Console
Tidak jauh dari google analytic, yaitu hanya orang pengembang web yang tahu tentang produk ini. Webmaster tool digunakan untuk submit url atau memantau keadaan situs kita.

15. Youtube
Jika anda tidak tahu youtube milik siapa, jawabnya milik google. Luar biasa. Situs Video sharing yang paling populer dan paling wow sedunia maya. Google hingga saat ini mempunyai 2 multimedia sharing, yaitu picasa dan youtube.

16. Google Plus
Google plus merupakan jejaring sosial ala google. Kita bisa berbagi, upload foto dan lain lain di sini.

17. Google Ads
Jika anda ingin memasarkan suatu produk melalui website, inilah jawabanya. Iklan anda akan ditampilkan oleh google di setiap kata kunci hasil pencarian yang dipilih. Tapi sayangnya iklan ini hanya berbentuk teks. Tapi sebenarnya juga ada space iklan yanng ditawarkan oleh google dengan bentuk gambar.

18. Google Adsense
Disini kita berperan sebagai pengiklan atau istilahnya menjadi publisher iklannya google. Jika kita sukses berbisnis di dunia adsense, kita akan menjadi jutawan atau miliarder mendadak.

19. Google Maps
Anda ingin bepergian? tetapi tidak tahu jalannya? nah, google mempunyai ide untuk menjawab permasalahan ini dengan di buatnya Google Maps. Ada dua versi di google maps, satelit dan bentuk denah. Kalau saya sendiri lebih senang menggunakan versi denah atau 2D.

20. Google Drive
Jika anda mempunyai file yang takut hilang atau terkena virus, anda dapat memanfaatkan produk google yang satu ini. Saya juga kerap kali menggunakan google drive sebagai backup online file dokumen yang saya rasa penting. Google drive menyediakan penyimpanan relatif besar yaitu 15 GB.

21. Android
Karya besar Google inc. setelah menemukan google search. Hampir semua smartphone kecuali apple, menggunakan OS Android. Tetapi Android masih rentan terkena virus tidak seperti iPhone yang sudah kebal akan virus. Namun google terus mengupdate sistem OSnya, yang terbaru adalah Android Lollipop. Inilah yang dilakukan google untuk memasuki dunia mobile (ponsel pintar) setara dengan iPhone.

22. Google Play Store
Tempat unduhan aplikasi android terbesar dan merupakan default aplikasi bawaan android. Di google play store, terdapat aplikasi berbayar dan gratis. Tergantung dengan dompet anda masing masing. Anda juga dapat membeli kebutuhan permainan android lewat play store.

Daftar Produk Google Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief