Kelebihan dan Kekurangan Facebook Part 2

Kelebihan dan Kekurangan Facebook - Artikel ini merupakan pembaruan dan tambahan artikel terdahulu tentang Kelebihan dan Kekurangan Facebook. Anda dapat membaca bagian pertama terlebih dahulu agar memiliki lebih banyak wawasan.

Kelebihan dan Kekurangan Facebook

Belakangan ini, Facebook cenderung ditinggalkan para pengguna aktif. Facebook mulai kalah saing dengan media sosial lain yang lebih baru dan tren, misalnya Instagram. Walaupun, sebenarnya Instagram merupakan anak perusahaan Facebook.

Meski demikian, Facebook tetap dipertahankan oleh beberapa pengguna karena beberapa alasan. Mereka umumnya memanfaatkan Facebook sebagai media sosial andalan dalam mengelola grup dengan anggota berjumlah banyak.

Facebook memiliki kapasitas anggota grup tak terhingga, berbeda dengan WhatsApp yang terbatas 250 orang. Anggota grup memilih aktif menggunakan Facebook untuk menjaga keberlangsungan grup yang sudah berumur dan memiliki banyak anggota. Sehingga komunikasi antar anggota tetap terjaga.

Untuk menarik hati pengguna kembali, Facebook aktif melakukan pembaruan fitur dan tampilan mengikuti tren. Namun, tak ada gading yang tak retak, Facebook tetap mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Facebook

Grup Dengan Anggota Tak Terbatas

Facebook memiliki fitur grup sejak awal pengembangan. Fitur grup tidak dijumpai dalam media sosial lain, misalnya Twitter dan Instagram, tetapi dapat ditemukan dalam layanan mesengger seperti WhatsApp dan Line. 

Namun, fitur grup WhatsApp dan Line memiliki batas maksimal jumlah anggota yang dapat bergabung. Grup WhatsApp hanya mampu menampung 250 anggota, sedangkan Line hanya 500 orang.

Berbeda dengan Facebook yang tidak memiliki batas maksimal anggota grup. Sehingga, grup Facebook menjadi pilihan yang dapat diandalkan untuk membuat grup dengan jumlah anggota yang banyak.

Fitur Yang Lengkap

Facebook memiliki fitur yang lengkap, bahkan seakan-akan gabungan semua media sosial yang ada. Mengapa demikian?

Karena apa saja fitur yang ada dalam media sosial selain Facebook, pasti dapat dijumpai. Misalnya, Instagram ada fitur snapgram, Facebook juga memilikinya. Dalam Twitter terdapat fitur hashtag, Facebook juga ada.

Kekurangan Facebook

Media Sosial Yang Rumit

Facebook memang memiliki fitur yang lengkap, tetapi terlalu banyak fitur menjadikan Facebook tidak terkesan sederhana melainkan condong kepada berlebihan.

Akhir-akhir ini, Facebook banyak mengembangkan berbagai fitur baru yang diadopsi dari media sosial lain. Pengguna lama mungkin akan heran apabila kembali aktif menggunakan Facebook karena Facebook tiga tahun yang lalu, jauh berbeda dengan Facebook sekarang.

Konten Membosankan

Mengapa Facebook membosankan? Pertama, karena banyak teman-teman terdekat yang dulu pengguna getol Facebook sudah tidak aktif lagi. Media sosial ada untuk menghubungkan antar orang terdekat. Apabila teman terdekat saja sudah beralih dari Facebook, lalu apa yang hendak dihubungkan?

Kedua, keterbatasan konten menarik di Facebook. Tidak seperti Instagram, Youtube dan TikTok yang mudah sekali dijumpai konten gambar dan video oleh berbagai content creator, Facebook cenderung monoton.

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Part 2 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief