Apa Itu Kindle? Pengertian Kindle Lengkap!

apa itu kindle

Apa Itu Kindle? Pengertian Kindle Lengkap! - Kindle adalah perangkat elektronik genggam untuk membaca buku elektronik (e-book) yang telah dikembangkan dan dipasarkan oleh Amazon, perusahaan retail online terbesar.

Amazon Kindle memungkinkan pengguna untuk mencari, membeli, mendownload, dan membaca e-book, berita, majalah dan media digital lainnya melalui jaringan wireless.

Perumpamaannya, jika Anda menggunakan iPod atau MP3 Player untuk memutar musik, Anda menggunakan Kindle untuk mendownload dan membaca buku elektronik. Model terbaru dari Kindle per Juni 2018 adalah Kindle Oasis, dirilis pada Oktober 2017 lalu.

gambar kindle oasis

Semua perangkat Kindle terintegrasi dengan konten yang ada di Kindle Store. Kindle Store merupakan toko e-commerce buku elektronik online yang dioperasikan oleh Amazon, sebagai bagian dari situs web ritel utamanya amazon.com.

gambar kindle store

Selain lewat Kindle Store, Anda juga dapat mengunduh file PDF apa pun untuk dibaca di Kindle. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir akan kehabisan bahan bacaan.

Meskipun perangkat ini sangat ringan dan portabel, Anda dapat mengoleksi beragam buku di Kindle. Kindle rata-rata memiliki layar enam sampai tujuh inci dan keyboard kecil (untuk model lama) yang memungkinkan Anda untuk ber-internetan lewat Kindle.

Kebanyakan orang menggunakan koneksi wifi untuk mendownload buku ke Kindle. Tetapi, untuk model-model terbaru seperti Kindle Voyage dan Kindle Oasis sudah dilengkapi dengan jaringan 3G, sehingga Anda dapat mendownload buku di mana pun Anda berada.

Selain kedua cara iu, Anda juga dapat mendownload buku elektronik ke PC atau Mac terlebih dahulu, lalu mentransfernya ke Kindle melalui kabel USB.

Mungkin Anda bertanya, kenapa harus pakai Kindle? Toh smartphone dan komputer juga dapat untuk membuka e-book!

gambar perbandingan e-ink kertas dan lcd

Apa yang membuat Kindle unik daripada smartphone dan komputer adalah teknologi yang digunakan Kindle dalam menampilkan teks, yaitu E-Ink. Teks yang dihasilkan dari Kindle sangat tajam dan jelas, sebanding dengan membaca teks dalam sebuah buku asli (buku kertas). Sehingga dengan begitu, mata Anda tidak akan cepat lelah untuk berlama-lama menatap layar.

Selain itu, kapasitas baterai Kindle jauh lebih lama daripada laptop dan smartphone, bahkan mampu untuk memberi daya selama berminggu-minggu.

gambar amazon whispersync

Kindle juga dibekali dengan teknologi Whispersync yang memungkinkan pengguna untuk beralih antara mode baca dengan mendengarkan, tanpa kehilangan letak halaman yang sudah dibaca atau dengarkan. Seperi kita tahu, Kindle mampu untuk menarasikan buku elektronik yang mendukung versi audiobook.

Mengikuti tren perkembangan teknologi, amazon.com merilis versi yang lebih canggih dari Kindle pada umumnya, yang disebut Kindle Fire, pada 15 November 2011. Kindle Fire secara umum mirip dengan tablet, sedangkan Kindle versi biasa hanyalah sebuah e-reader.

gambar kindle fire

Seperti tablet yang ada dipasaran, Kindle Fire juga dapat memutar musik, film, permainan, browsing, dan menjalankan aplikasi lain. Untuk browsing, perangkat ini menggunakan browser built-in bernama Amazon Silk.

Kindle Fire memungkinkan Anda untuk menyimpan konten Amazon di server cloud mereka. Sistem operasi yang digunakan Kindle Fire adalah Android.

Itulah, sedikit jawaban mengenai apa itu kindle.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda mengenai pengertian kindle.

Sekian dan Terima kasih.

Apa Itu Kindle? Pengertian Kindle Lengkap! Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief