Fungsi dari Bagian-Bagian Email dan Gambarnya

Fungi dari Bagian-Bagian Email dan Gambarnya - Saat ini kita telah memasuki era digital. Era dimana hampir semua aktivitas dalam kehidupan kita telah terdigitalisasi. Tidak terkecuali aktivitas surat menyurat.

Bagian-Bagian Email

Jika dulu, saat internet belum ada, jasa pos sangat dibutuhkan untuk berkirim surat. Tetapi, setelah adanya internet jasa pos saat ini kurang dibutuhkan. Mungkin karena, jasa pos tidak efektif jika dibandingkan dengan email.

Email memiliki banyak kelebihan dibanding dengan jasa pos konvensional. Selain efektif dan cepat sampai di tujuan, ada banyak kelebihan email yang lainnya. Tetapi, email tetap saja memiliki kekurangan, salah satunya belum semua orang dapat menggunakannya.

Gambar Ilustrasi Email

Email memiliki kepanjangan ‘electronic mail’. Dalam bahasa Indonesia disebut sebagai surat elektronik (surel). Email adalah suatu cara surat menyurat menggunakan perangkat elektronik. Perangkat elektronik dapat diartikan sebagai internet dan perangkat untuk mengaksesnya (komputer atau smartphone).


Walaupun kita telah sering mendengar kata email, tetapi belum tentu kita memahami secara rinci bagian-bagian dari email itu sendiri.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui secara detail mengenai bagian-bagian email, fungsi dari bagian-bagian email atau Anda mencari bagian-bagian email dan gambarnya, berikut kami sajikan ulasanya untuk Anda!

Bagian-Bagian Pesan Email

Pertama, saya akan membahas mengenai bagian-bagian dari pesan email, yaitu bagian inti dari layanan email.

Bagian-Bagian Pesan Email

1. To Field

To Field merupakan bagian yang berisi alamat email seseorang atau perusahaan yang ingin dituju. Jika dianalogikan dengan surat pada umumnya, maka bagian ini adalah alamat pengiriman atau alamat tujuan yang berisi nama penerima, nama jalan, nama kota dan daerah tempat tinggal.

Dengan email, Anda dapat mengirim pesan ke lebih dari satu orang, yaitu dengan cara mengetikkan semua alamat email mereka di bagian ini. Jika email yang Anda kirimkan gagal, maka akan ada balasan dari penyedia layanan email.

Alangkah baiknya, sebelum mengirim pastikan bahwa alamat email yang anda ketikkan benar.

Pesan Gagal Terkirim

2. Cc Field

Cc merupakan kependekan dari “Carbon Copy”. Bagian ini berfungsi untuk mengirimkan salinan dari pesan yang Anda kirim ke orang lain. Dalam surat menyurat konvensional, Carbon Copy analog dengan tembusan dari surat yang dikirim.

Tembusan yaitu pihak-pihak yang mendapat surat selain yang dialamatkan. Jika pihak yang ditembusi lebih dari 1 orang, maka pihak lain dapat saling melihat siapa saja yang ditembusi.

3. Bcc Field

Bcc merupakan kependekan dari “Blind Carbon Copy”. Bagian ini memiliki fungsi yang sama dengan CC. Namun, seperti namanya, “Blind” yang berarti “buta”, pihak-pihak yang memperoleh salinan/tembusan tidak dapat melihat pihak lain yang juga ditembusi.

Misalnya, A mengirim email kepada D. Lalu B dan C memperoleh tembusan email tersebut. Dalam konteks Blind Carbon Copy, maka B tidak mengetahui bahwa ternyata C juga ditembusi oleh A. Akan tetapi, dalam konteks Carbon Copy maka B mengetahui bahwa C juga ditembusi oleh A.

4. Subject Field

Subject Field adalah bagian dimana Anda menyatakan topik dari email yang Anda tulis. Meskipun bagian ini tidak wajib diisi, tapi usahakan untuk selalu mengisinya. Sehingga penerima mengetahui topik email yang dibicarakan sebelum membaca isi email yang dimaksud. Hal tersebut tentu akan membantu penerima dalam memahami email yang diterima.

5. Message Body

Message body merupakan bagian untuk menulis isi dari email. Isi email yang Anda tulis dapat sepanjang mungkin dan disertai gambar atau video.

6. Signature

Signature yaitu bagian yang berisi informasi-informasi tambahan, seperti alamat kantor perusahaan, alamat email,nomor telepon dan lain-lain. Bagian ini analog dengan kop surat yang terdapat dalam surat pada umumnya. Hanya saya, jika kop surat terletak di bagian paling atas, Signature terletak di bagian paling bawah.

Email Signature

7. Attachments

Attachments berarti lampiran. Anda dapat melampirkan file dari komputer bersama dengan email yang ingin Anda kirimkan.

Bagian-Bagian Layanan Email

1. Compose

Compose berfungsi untuk menulis email baru.
Compose Email Baru

2. Folder Inbox

Folder Inbox merupakan kotak masuk untuk menerima email baru yang datang.

3. Folder Sent

Folder Sent merupakan foldernya email-email yang telah berhasil terkirim dengan baik.

4. Folder Draft

Folder Draft adalah bagian untuk menampung sementara email yang sudah ditulis sebagian, tetapi belum diselesaikan atau dikirim.

5. Folder Spam

Folder Spam adalah tempat untuk email-email yang tidak diinginkan oleh penerima, tetapi terus dikirimkan oleh pihak yang tidak dikenal. Spam pada umumnya digunakan untuk tujuan promosi oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan email sebagai media promosi. 

6. Trash/Bin

Trash yaitu tempat untuk email yang sudah tidak terpakai atau email yang telah dihapus. Namun, Anda masih bisa melihat email yang ada di folder ini sepanjang Anda belum menghapusnya secara permanen.

Semoga bermanfaat

Fungsi dari Bagian-Bagian Email dan Gambarnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief