Mengenal Facebook Lebih Jauh

Di dunia internet atau dunia maya, kita mengenal  media sosial atau jejaring sosial. Jejaring sosial biasa digunakan oleh para remaja yang mempunyai akses internet. 

Saat ini hampir semua situs jejaring sosial menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan remaja. Kita mengenal Facebook, Twitter, BBM, Pinterest dan lain-lain. Semua itu merupakan contoh beberapa media sosial yang ada di internet.

facebook

Pada pembahasan kali ini, saya ingin mengulas lebih jauh tentang Facebook. Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Facebook

Sebagian orang sudah dapat mengoperasikan atau memanfaatkan semua fitur yang ada di Facebook. Banyak fitur yang ditawarkan oleh Facebook, diantaranya membuat suatu profil, berteman dengan sesama pengguna facebook hingga bertukar informasi melalui status.

Berikut ini saya akan mengulas fitur-fitur yang ada di Facebook. Penasaran? Yuk simak simak berikut ini.

Apa itu Facebook?

Facebook merupakan media sosial yang sangat populer. Facebook memperoleh peringkat pertama diantara jejaring sosial yang lain. Anda dapat mendaftar akun di Facebook jika belum memilikinya.

Alamat situs Facebook adalah facebook.com, tetapi karena banyak pengguna yang sering mengatakan fb, kemudian pihak facebook memberikan akses kemudahan. Pengguna dapat mengakses Facebook cukup mengetikkan fb.com pada adress bar di browser.

fb

Ada banyak cara untuk mengakses Facebook, mulai dari melalui url hingga menggunakan aplikasi yang tersedia di market app pada smartphone. Kini para pengguna Facebook banyak yang mengakses melalui aplikasi. Hal itu karena dinilai lebih efektif dan praktis untuk digunakan dimana saja.

Fitur Facebook

Beranda

Kata beranda mungkin tidak asing bagi para pembaca. Beranda merupakan salah satu fitur yang menampilkan update status teman-teman Anda. Seseorang yang memposting di suatu grup yang Anda ikuti juga akan muncul disini. Beranda menampilkan berita terbaru terkait dengan akun Facebook anda.

Profil

Dari namanya Anda sudah dapat menebak. Profil digunakan untuk mengedit segala informasi tentang akun Facebook Anda, misalnya foto profil, alamat rumah, email, dan hobi. Segala sesuatu tentang diri Anda dapat diedit melalui fitur ini.

Pesan

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim teks, gambar, dan file kepada teman Anda. Hanya teman yang Anda kirimi pesan tahu tentang isi percakapan tersebut. Saat ini Facebook juga menghadirkan aplikasi messenger pada smartphone.

Grup

Grup merupakan kumpulan atau komunitas beranggotakan banyak orang yang didirikan oleh seorang admin. Grup memungkinkan Anda untuk saling berbagi kepada anggota grup yang lain.

Anggota grup dapat berasal dari siapapun tergantung seseorang ingin bergabung ke dalam grup apa. Ada tiga jenis grup yaitu terbuka atau publik, tertutup, dan rahasia.

Acara

Jika Anda ingin membuat suatu acara, maka Facebook menyediakan fitur yang bernama acara. Fitur tersebut digunakan untuk membuat suatu jadwal acara. Seseorang dapat mengundang ke akun Facebook yang lain. Teman yang diundang dapat memilih tiga pilihan yaitu hadir, tidak hadir, atau tidak tahu.

Aplikasi dan Permainan

Setelah Anda bekerja atau sekolah seharian penuh, Anda pasti menginginkan suatu hiburan. Solusinya Anda dapat memanfaatkan fitur permainan yang ada di Facebook ini.

Berbagai permainan dari berbagai pengembang, baik itu populer maupun tidak populer dapat ditemukan di sini. Fitur ini dapat untuk menghilangkan stress berlebih dalam diri Anda dan menghabiskan waktu luang.

Catatan

Sebuah fitur yang mirip dengan diary. Anda dapat menuliskan pengalaman atau hal lain di fitur ini. Anda juga dapat memanfaatkan catatan untuk menulis suatu lirik lagu atau artikel. Namun biasanya para pebisnis online menggunakan catatan sebagai testimoni berbagai konsumen.

Foto

Foto memungkinkan kita untuk melihat koleksi foto yang pernah diupload ke Facebook. Jadi fitur foto bisa digunakan untuk bernostalgia dan mengenang masa lalu. Foto juga bisa dijadikan sarana untuk berbagi keceriaan atau momen bersama pacar, teman, atau keluarga besar Anda.

Mengenal Facebook Lebih Jauh Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief