Tipe Data Pada Microsoft Access

Microsoft Access adalah Database Management System (DBMS) dari Microsoft yang menggabungkan Microsoft Jet Database Engine dengan antarmuka pengguna grafis dan alat pengembangan perangkat lunak.

microsoft access

Setelah membahas tentang apa itu microsoft access dan sejarah microsoft access, sekarang akan dibahas mengenai tipe data pada microsoft access.

Microsoft Access menyimpan informasi dalam bentuk database. Dalam menggunakan Microsoft Access untuk mengelola database secara umum melalui langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Pembuatan Database - Database Microsoft Access dibuat terlebih dahulu dan metentukan jenis data apa yang akan disimpan.
  2. Input Data - Setelah membuat database, maka data dapat dimasukkan ke database Access.
  3. Query - Query merupakan proses pengambilan informasi dari database.
  4. Report - Informasi yang diambil disusun dan dipresentasikan dalam Access Report.
Dalam proses pembuatan database, diperlukan pembuatan tabel. Pada saat membuat tabel, diharuskan untuk mengatur berbagai properti salah satunya tipe data untuk setiap field atau kolom data. Tipe data yang dipilih harus sesuai karena menentukan jenis data yang akan disimpan. Microsoft Access mendukung berbagai jenis data, masing-masing dengan tujuan tertentu.
  • Tipe data menentukan jenis nilai (data) yang dapat disimpan dalam field/bidang.
  • Setiap bidang dapat menyimpan data yang hanya terdiri dari satu tipe data tunggal.
gambar tipe data microsoft access

Berikut adalah beberapa tipe data yang banyak ditemui ketika menggunakan database Microsoft Access :

Tipe Data Deskripsi Ukuran
Short Text tipe data ini digunakan untuk menyimpan data berupa teks dan angka non-hitungan, misalnya nomor telepon dan faksimile 255 karakter
Long Text tipe data Long Text memiliki kegunaan yang sama dengan Short Text tetapi dengan batas karakter yang lebih banyak 63,999 karakter
Number  yaitu tipe data untuk menyimpan data numerik yang akan digunakan dalam perhitungan 1,2,4,8,16 bytes
Date/Time digunakan untuk menyimpan data berupa tanggal, bulan, tahun 8 bytes
Currency untuk menyimpan data keuangan dan data numerik desimal 8 bytes
AutoNumber nomor berurutan unik atau angka acak yang ditambahkan oleh Microsoft Access secara otomatis ke dalam tabel 4 bytes, 16 bytes
Yes/No berisi sesuatu yang hanya berisi satu dari dua nilai seperti yes/no, true/false, dan on/off 1 bit.

Ada beberapa perbedaan istilah dari tipe-tipe data diatas. Di versi Microsoft Access sebelum Access 2013, pengistilahan Short Text bernama text saja, sedangkan Long Text diistilahkan memo.

gambar lookup wizard

Selain tipe data yang biasa ditemui dalam Microsoft Access Database, berikut ini adalah beberapa tipe data spesial yang juga dapat digunakan :

Tipe Data Deskripsi Ukuran
Attachment
tipe data yang digunakan untuk menyimpan file seperti foto digital. Akan tetapi, tipe data ini tidak tersedia dalam Microsoft Access versi lama 2 GB.
OLE objects
OLE objects dapat digunakan untuk menyimpan gambar, audio, video, dan BLOBs (Binary Large Objects) yang lain 2 GB.
Hyperlink
untuk menyimpan link website atau alamat file dokumen 8192 karakter

Lookup Wizard
Lookup Wizard sebenarnya bukan tipe data. Ketika Lookup Wizard dipilih maka akan muncul dua pilihan, yaitu Simple Lookup Field dan Complex Lookup Field.

Simple Lookup Field menggunakan konten tabel lain atau daftar nilai untuk memvalidasi konten nilai tunggal per baris. Complex Lookup Field untuk menyimpan beberapa nilai dari tipe data yang sama di setiap baris.

Calculated
digunakan untuk menampilkan data dari hasil perhitungan antara beberapa field. Ketika memilih tipe data calculated maka akan terbuka expression builder untuk menuliskan sebuah rumus perhitungan.



Tipe Data Pada Microsoft Access Rating: 5 Diposkan Oleh: Pramudya Arief